Minggu, 31 Oktober 2010

1. Manusia dan kebudayaan


Manusia dan kebudayaan merupakan salah satu ikatan yang tidak dapat di pisahkan dalam kehidupan ini.Manusia sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna.
·        Hakikat manusia
Manusia terdiri dari jiwa dan raga yang di lengkapi dengan akal pikiran serta hawa nafsu Tuhan menanamkan akal dan pikiran kepada manusia agar dapat di gunakan untuk kebaikan masing-masing dan untuk orang sekitar kita mereka.manusia di berikan hawa nafsu agar tetap hidup di bumi ini.
Penggolongan manusia yang paling utama adalah berdasarkan jenis kelaminya.secara alamiah, jenis kelamin seorang anak yang baru lahir laki-laki atau perempuan .anak muda laki-laki di kenal sebagai putra dan laki-laki dewasa sebagai pria.anak muda perempuan di kenal sebagai putri dan perempuan dewasa sebagai wanita.
·        Hakikat kebudayaan
Budaya atau kebudayaan berasal dari :
1.Bahasa Sansekerta yaitu buddhayah,yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) di artikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia
2.Bahasa Inggris yaitu culture,yang berasal dari bahasa latin yaitu colere yang di artikan sebgai mengolah atau mengerjakan
3.Bahasa Indonesia sangat erat hubunganya dengan masyarakat.
4. Melville J.Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat di tentukan oleh kebudayaan yang di miliki oleh masyarakat itu sendiri .istilah pendapat itu adalah Cultural-Determinism.
5.Andreas Eppink kebudayaan mengandung nilai,norma,ilmu pengetahuan,struktur social,religious,dll.
6.Selo Soemardjan dan Soelaiman soemardi kebudayaan adalah sarana hasil karya ,rasa,dan cipta masyarakat.
7.Herskovits kebudayaan sebagai suatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain yang kemudian di namakan superorganic.
8.Eb Taylor kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks yang di dalamnya terkandung pengetahuan ,kepercayaan ,kesenian,moral,hukum,adat istiadat, dan kemampuan yang di dapat oleh seorang sebagai anggota masyarakat.
9.Raplh Linton kebudayaan sebagai konfigurasi dari tingkah laku yang di pelajari dan hasil dari tingkah laku yang unsur-unsur penentuanya dimiliki bersama dan di lanjutkan oleh anggota masyarakat tertentu.
10.Koentjaraningrat kebudayaan adalah keseluruhan sistem,gagasan.yingkah laku,dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang jadikan milik diri manusia dengan belajar.
·        Hubungan manusia dengan kebudayaan
-         kebudayaan adalah produk manusia
-         manusia adalah produk kebudayaan
kebudayaan ada karena manusia yang menciptakanya .dan manusia dapat hidup di tangah kebudayaan yang di ciptakanya.kebudayaan akan hidup apabila ada manusia sebagai pendukungnya
·        Peran kebudayaan
a.hubungan antar manusia dan kelompoknya
b.tempat untuk menyalurkan perasaan dan kemampuan lain
c.pembeda manusia dengan binatang
d.petunjuk bagaimana manusia harus bertindak dalam pergaulan
e.mengatur manusia agar mengerti bagaimana seharuisnya bertindak/berhubungan dengan orang
f.modal dasar pembangunan
Hal yang terpenting dalam proses pengembangan budaya adalah dengan adanya kontrol atau kendali terhadap perilaku reguler (yang tampak) yang di tampilkan oleh para penganut kebudayaan

·        Penyebab terjadiny aperubanah kebudayaan
a.perubahan lingkungan alam
b.perubahan karena adanya kontak dengan krlompok lain
c.perubahan karena adanya penemuan(discovery)
d.perubahan karena masyarakat meniru kebudayaan bangsa lain
e.perubahan karena masyarakat merubah kebudayaan lama dengan kebudayaan baru.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar