Rabu, 04 April 2012

Tugas softskill PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN


1.  Untuk membangun suatu tatanan masyarakat yang demokratis dan berkeadaban sesuai yang diamanatkan oleh mata kuliah ini, maka setiap warga negara harus memiliki karakter atau jiwa yang demokratis, antara lain:
A.   RASA HORMAT DAN TANGGUNG JAWAB
Seluruh masyarakat pelu mengeluarkan. Rasa hormat perlu disertai dengan tanggung jawab yang penuh agar kehidupan bermasyarakat berjalan harmonis. Jika masyaraat menerapkan rasa hormat dan tanggung jawab dalam dirinya maka tidak akan ada perselisihan antar masyarakat.

Contoh kasusnya : saat pemerintah menaikan harga bahan pangan. Masyarakat harus menghormati keputusan pemerintah

B.    BERSIKAP KRITIS
Bersikap kritis sangat di perlukan pada diri manusia dalam kehidupan bermasyarakat agar masyarakat tersebut dapat merasakan yang namanya berdemokrasi tidak tergantung pada satu objek. Tetapi kritis disini bukan berarti kritis yang anarkis.
Contoh kasusnya :pada saat para koruptor di sidang . disitulah saatnya kita bersikap kritis

C.    MEMBUKA DISKUSI dan DIALOG
Diskusi dan dialog sangat di perlukan untuk menentukan dan mendapatkan keputusan yang di harapkan. Bukan berarti saling debat dan emosional antar anggota dan elemen masyarakat. Tetapi lebih mengarah ke saling menghargai pendapat yang berbeda
Contoh kasusnya :konflik  aliran agama. Salah satu cara menuntaskanya dengan membuka diskusi dan dialog

D.   BERSIFAT TERBUKA
Masyarakat perlu memiliki sifat terbuka agar dapat mengevaluasi dan memperbaiki  apa yang sudah terjadi dalam kehidupan bermasyarakat. Bukan hanya masyarakat tetapi pemerintah juga perlu bersifat terbuka.agar tidk adanya kebohongan yang dapat merugikan seluruh elemen masyarakat.
Contoh kasusnya : kenaikan harga BBM. Masyarakat perlu tau siapa saja dan untuk apa saja dana kenaikan BBm itu di peruntukkan.

E.    RASIONAL
Setiap kebijakan yang di buat pemerintah harus sesuai dengan rasional. Karena masyarakat yang akan dapat merasakan apa yang terjadi dari setiap kebijakan tersebut . maka dengan pendidikan dan pengalaman yang matang dapat menghasilkan keputusan rasional tersebut.
Contoh kasusnya : seorang perampok diadili karena perbuatanya

F.    JUJUR
Sikap dan sifat jujur perlu diterapkan dalam berdemokrasi terutama dalam pemerintahan dan kehidupan sehari-hari agar terciptanya kehidupan yang lebih tentram dan damai serta tidak akan merugikan banyak orang pemerintahan dan masyarakat.
Contoh kasusnya : kasus korupsi di negara kita .  jika tida diimbangi dengan sifat jujur akan bertambah jumlahnya orang-orang yang melakukan hal tersebut.

2.       a) Visi dan Misi

Visi    :Visi menggambarkan keadaan yang ingin kita capai dimasa depan, sesuatu     yang akan menjadi tujuan suatu organisasi dalam jangka panjang.

Misi   :Misi digunakan untuk mendeskripsikan keadaan sekarang,siapakah kita, dimanakah kita sekarang (dari perspektif waktu), apa kekuatan  kita, dan lain-lain

b) Visi dan Misi pendidikan kewarganegaraan dalam menghadapi era                   globalisasi secara meluas dan mendala

Visi    :Menjadi  pengembangan dan pembudayaan ilmu kewarganegaraan dan pendidikan kewarganegaraan yang unggul dengan berorientasikan pada nilai-nilai ideologi dan konstitusi negara Indonesia.

Misi   :Menyelenggarakan pembelajaran dalam bidang pendidikan kewarganegaraan dalam mengembangkan peserta didik menjadi warga negara yang demokratis, bertanggung jawab, memiliki semangat kebangsaan dan cinta tanah air dalam mendukung kemajuan bangsa. Mengembangkan ilmu kewarganegaraan dan pendidikan kewarganegaraan yang didasarkan pada ideologi dan konstitusi negara untuk menunjang penguasaan pembelajaran dalam bidang pendidikan kewarganegaraan.

nama  :uswatun hasanah
npm   :1921685
kelas :2ea15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar