Jumat, 25 Oktober 2013

ETIKA BISNIS



Etika :
·         Etika berasal dari bahasa yunani kuno yaitu ethos yang berarti kebiasaan/adat, akhlak, watak, perasaan, sikap, cara berpikir.
·         Menurut kamus bahasa indonesia etika adalah ilmu pengetahuan tentang asas-asas akhlak (moral)

Bisnis :
·         Bisnis berasal dari bahasa inggris yaitu business yang berarti “sibuk”
Artinya sibuk mengerjakan kegiatan yang mendatangkan keuntungan.
·         Bisnis adalah suatu organisasi yang bekerjasama untuk menjual barang/ jasa kepada konsumen atau pebisnis lainnya.
Artinya ada kerjasama antara pebisnis yang satu dengan yang lainnya agar saling mendapatkan keuntungan untuk kelangsungan bisnisnya.
·         Tujuan utama bisnis adalah mendapatkan keuntungan / laba.
Artinya walaupun bukan merupakan tujuan satu-satunya tetapi keuntungan merupakan faktor perusahaan dalam mempertahankan kehidupan bisnisnya.
 
Etika bisnis :
·         Etika bisnis adalah cara untuk melakukan kegiatan bisnis yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan, industri, dan masyarakat. Kesemuanya ini mencakup bagaimana kita menjalankan bisnis secara adil, sesuai dengan hukum yang berlaku, dan tidak tergantung pada kedudukan individu ataupun perusahaan di masyarakat.
·         Etika bisnis memfokuskan pada apa yang merupakan perilaku yang benar di eanah bisnis dan bagaimana prinsip-prinsip moral diterapkan oleh para pelaku bisnis pada situsi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan pekerjaan
Manfaat dalam menciptakan etika bisnis adalah :
1.     Pengendalian diri
Artinya, Pelaku bisnis mampu mengendalikan diri untuk kepentingan pribadinya. Contohnya melakukan kecurangan dalam memperoleh keuntungan
2.    Pengembangan tanggung jawab sosial ( social resposibility )
Artinya, Pebisnis harus peduli dengan keadaan masyarakat bukan hanya dalam bentuk uang.
Contohnya apabila sedang terjadi kenaikan permintaan maka pebisnis tidak terpengaruh untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda karena suatu saat akan terjadi penurunan permintaan.
3.    Mempertahankan jati diri dan tidak mudah untuk terombang ambing oleh pesatnya perkembangan informasi dan teknologi.
Artinya, Informasi dan teknologi harus di manfaatkan untuk meningkatkan kepedulian bagi pihak yang tertinggal.
4.    Menciptakan persaingan yang sehat.
Artinya, persaingan perlu di lakukan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas tetapi persaingan tersebut tidak mematikan yang lemah dan juga sebaliknya.
5.    Menerapkan konsep pembangunan berkelanjutan.
Artinya, Para pebisnis tidak hanya memikirkan keuntungan dimasa sekarang tetapi mereka juga harus memikirkan untuk masa yang akan datang.
6.    Menghindari sifat 5K (katabelece, kongkalikong, koneksi kolusi dan komisi.
Artinya, jika para pebisnis sudah mampu ngehindari sifat seperti, tidak akan ada namanya kecurangan dalam bisnis.
7.    Mampu menyatakan yang benar itu benar.
Artinya, pebisnis harus mengerti apa arti bisnis dan apa resikonya. Jadi mereka harus pintar-pintar dalam membuat sebuah keputusan.


Sumber :


Nama : Uswatun Hasanah
NPM   : 19210685
Kelas  : 4EA15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar