·
Psikoligi
konsumen
Psikologi berasal dari bahasa Yunani Kuno yaitu :
psyche = jiwa dan logos = kata. dalam arti bebas psikologi adalah ilmu yang
mempelajari tentang jiwa/mental. Psikologi tidak mempelajari jiwa/mental itu
secara langsung karena sifatnya yang abstrak. sehingga Psikologi dapat
didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku dan proses
mental.
Konsumen adalah orang atau
kelompok dalam masyarakat yang melakukan kegiatan pemakaian barang atau jasa,
konsumen juga merupakan penyampai berita terbaik apabila mereka puas dengan apa
yang kita berikan.
Psikologi konsumen adalah
ilmu yang mempelajari tentang kejiwaan dan kecenderungan yang memotivasi
seseorang untuk mereduksi barang atau jasa melalui kegiatan konsumsi.
·
Hubungan
antara psikologi konsumen dengan pengambilan keputusan dalam pemasaran
Salah satu factor pengambilan
keputusan adalah segmentasi pasar
Merupakan dasar untuk mengetahui bahwa setiap pasar
itu terdiri atas beberapa segmen yang berbeda-beda. Dalam setiap segmen
terdapat pembeli-pembeli yang mempunyai :
-
kebutuhan yang
berbeda-beda
-
pola pembelian yang berbeda-beda
-
tanggapan yang berbeda-beda
Pengambilan keputusan yang dilakukan oleh manajer pemasaran akan selalu
berada dalam suatu lingkungan yang kompleks dan penuh dengan ketidakpastian.
Keputusn yang diambil terutama menyangkut masalah :
·
Penetapan harga
·
Produk
·
Distribusi
·
Promosi
Pengambilan keputusan tersebut tidak terlepas dari
pengaruh faktor-faktor lingkungan ekstern seperti : demografi, kondisi
perekonomian dan kebudayaan masyarakat.
Nama: Uswatun Hasanah
Npm : 19210685
Kelas: 3 EA 15
Tidak ada komentar:
Posting Komentar