Sabtu, 13 Oktober 2012

PSIKOLOGI KONSUMEN ( Tugas Softskill)


·         Psikoligi konsumen
Psikologi  berasal dari bahasa Yunani Kuno yaitu : psyche = jiwa dan logos = kata. dalam arti bebas psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa/mental. Psikologi tidak mempelajari jiwa/mental itu secara langsung karena sifatnya yang abstrak. sehingga Psikologi dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku dan proses mental.
Konsumen adalah orang atau kelompok dalam masyarakat yang melakukan kegiatan pemakaian barang atau jasa, konsumen juga merupakan penyampai berita terbaik apabila mereka puas dengan apa yang kita berikan.
Psikologi konsumen adalah ilmu yang mempelajari tentang kejiwaan dan kecenderungan yang memotivasi seseorang untuk mereduksi barang atau jasa melalui kegiatan konsumsi.

·         Hubungan antara psikologi konsumen dengan pengambilan keputusan dalam pemasaran
Salah satu factor pengambilan keputusan adalah segmentasi pasar
Merupakan dasar untuk mengetahui bahwa setiap pasar itu terdiri atas beberapa segmen yang berbeda-beda. Dalam setiap segmen terdapat pembeli-pembeli yang mempunyai :
-          kebutuhan yang berbeda-beda
-          pola pembelian  yang berbeda-beda
-          tanggapan yang berbeda-beda
Pengambilan keputusan yang dilakukan oleh manajer pemasaran akan selalu berada dalam suatu lingkungan yang kompleks dan penuh dengan ketidakpastian. Keputusn yang diambil terutama menyangkut masalah :
·         Penetapan harga
·         Produk
·         Distribusi
·         Promosi
Pengambilan keputusan tersebut tidak terlepas dari pengaruh faktor-faktor lingkungan ekstern seperti : demografi, kondisi perekonomian dan kebudayaan masyarakat.





Nama: Uswatun Hasanah
Npm : 19210685
Kelas: 3 EA 15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar